Tips Aman Berinvestasi


Semua Jenis investasi tentunya memiliki resiko, meskipun anda menganalisa dan memperkecil potensi resiko tersebut. oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum anda berinvestasi.
  1. Tetapkan berapa besar uang lebih yang anda sediakan untuk berinvestasi dan waktu yang anda luangkan untuk memperhatikan asset atau instrumen yang anda beli. Ketika anda berinvestasi, anda anda harus memonitor harga dan memutuskan kapan anda menjual investasi anda untuk mendapatkan hasil imbal yang anda harapkan. Perhitungkan dengan benar-benar, berapa banyak uang yang anda simpan di bank dan berapa banyak uang yang akan anda investasikan.
  2. Jujurlah terhadap diri anda, seberapa banyak menerima keuntungan dan seberapa banyak anda mampu menerima kerugian. Berinvestasilah pada produk yang anda pahami. Pahami pilihan-pilihan produk dan instrumen yang tersedia, baik keuntungan dan risiko yang terkandung didalamnya. Anda perlu membandingkan tingkat bunga tabungan, deposito berjangka, reksa dana serta obligasi untuk membuat keputusan sesuai dengan rencana investasi anda. Sejalan dengan hasil imbal balik; pertimbangkan dalam situasi dan kondisi apa, produk apa saja, dimana anda bisa kehilangan sebagian atau seluruh uang anda.
  3. Beberapa pilihan produk dan istrumen investasi

  • Investasi Langsung Pada Aset Fisik, dimana anda mengelola sendiri asset anda. Misalnya : membeli properti seperti rumah untuk disewakan. Lokasi yang strategis memiliki banyak peminat sehingga pendapatan sewa anda akan bertambah. Pada umumnya nilai properti akan semakin meningkat seiring dengan waktu, jadi ketika anda menjualnya anda bisa berharap akan menerima keuntungan. Banyak orang mengatakan berinvestasi di properti memiliki risiko investasi yang cukup rendah.
  • Investasi Pada Instrumen Keuangan di Pasar Modal. Tidak seperti investasi langsung pada asset fisik, dengan dana terbatas anda bisa memilih untuk berinvestasi pada instrumen keuangn di pasar modal seperti saham atau obligasi. Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi di aset tersebut, sebaiknya anda membaca prospektus.
Dari berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment