Prospek UMKM di Indonesia Tahun 2013


Pertumbuhan ekonomi 2013 tetap tinggi apabila pemerintah mengalokasikan belanja pembangunan yang lebih besar untuk infrastruktur. Pembenahan infrastruktur akan memperlancar arus barang dan jasa, mempertahankan daya beli masyarakat, dan mendorong konsumsi domestik.Dan yang lebih penting adalah, harus di perhatikan  peran dan fungsi sektor Ril yang sudah terbukti menjadi penyelamat Perekonomian Indonesia dari serangan arus Global dan Krisis Ekonomi Dunia.
Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka fokus pertumbuhan ekonomi seharusnya dikontribusikan oleh pertumbuhan sektor ril dibandingkan sektor Moneter dan keuangan yang tidak memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan tingkat kemiskinan dan pengangguran. Konsentrasi pada sektor rill khususnya bisa dilakukan dengan fokus pemberdayaan dan peningkatan  jumlah wiraswasta dan wirausaha Indonesia.
Melalui pemberdayaan masyarakat menjadi wirausaha melalui pengembangan usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).Maka akan di harapkan tumbuh sentra sentra produksi kecil dan Menengah yang  di tata kelola dengan baik,sehingga kontribusinya terdahap pertumbuhan Ekonomi di Daerah Daerah makin dominan.Ini lah yang i harapkan bisa membangkitkan daya beli Masyarakat Daerah khususnya dan Nasional pada Umumnya.
UMKM lebih di fungsikan lagi dan juga Sumber Daya Manusia yang terlibat di dalam nya agar di tingkatkan keterampila mereka, di maksud agar bisa me manejemen usaha usaha mereka dengan baik sesuai dengan tujuan nya, meningkatkan pendapatan dan hasil penjualan serta mampu menaikan tingkat kesejahteraan anggota nya.Berapa banyak Tenaga kerja yang terlibat dalam kegiatan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah tersebut ?? Itulah yang nanti akan jadi tiang penyangga perekonomian Indonesia yang ber basis pada sektor Ril.
Sektor UMKM harus di kedepan kan dengan cara memberi kemudahan dalam pendanaan, memperbaharui kemampuan teknologi, membuka akses pasar dan diversifikasi macam macam  produk, maka akan melahirkan pengusaha-pengusaha lokal yang bisa berkompetisi secara nasional maupun di tingkat  internasional, yang nantinya akan berdampak pada penciptaan pengusaha-pengusaha baru yang siap mengembangkan produk-produk lokal dan potensi lokal di Daerah Daerah sentra Produksi.
UMKM Indonesia 2013
UMKM Indonesia 2013
Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) harus di tunjang dengan  program program sektor perbankan melalui  pemberian  kredit dalam jumlah yang  lebih besar ,tidak hanya  di  sektor Industri dan property yang   justru hanya menciptkana  tingkat pertumbuhan ekonomi yang tidak merata di semua sektor. Bahkan kontribusi sektor UKM telah menyelamatkan perekonomian Indonesia saat dilanda krisis ekonomi tahun 1997 /1998.
Indonesia membutuhkan banyak sekali pengusaha pengusaha wiraswata dan wirausaha baru untuk menunjang agar  perekonomian Indonesia agar bisa lebih maju, sekaligus mendorong terciptanya  lapangan kerja baru, diharapkan bisa menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang selama ini jadi momok dalam perekonomian Indonesia. Menurut Hipmi negeri ini butuh 4 juta wirausahan muda untuk menyamai negara-negara maju.
Memang pada tahun 2013 adalah tahun yang akan menimbulkan ancaman yang menghadang pertumbuhan ekonomi nasional  di antaranya politik, dan lain lain . Tahun 2013  adalah tahun politik, yang akan mengurangi gerak menteri ekonomi yang berasal dari partai politik.Karena Menteri akan lebih fokus pada peningkatan perolehan suara untuk menyonsong Pemilu 2014.
Konsentrasi kepada UMKM akan lebih bermakna bagi Masyarakat pedesaan yang secara langsung bisa menikmati kontribusinya daripada sektor korporasi yang selama ini justru hanya menciptkana ketidak merataan ekonomi.Yang kaya makin kaya, yang sengsara makin gelisah mendapatkan sesuap nasi dan tempe sepotong.
Makanya  Sejumlah kalangan dan pemerintahan merasa optimis prospek ekonomi Indonesia pada 2013 akan mengalami pertumbuhan yang baik antara 6 hingga 7 persen. Ini didukung pasar domestik yang besar dan daya beli masyarakat yang meningkat.
Tinggal bagaimana Pemerintah mengendalikan Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara akan di arahkan ke mana perioritas nya ,apakah ke sektor ril atau sektor korporasi? Koridor-koridor ekonomi ini memiliki sumber daya yang besar, tapi belum digarap dengan baik dan optimal.
Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Usaha Mikro Kecil dan Menengah

No comments:

Post a Comment