Fakta Indonesia Menjadi Negara Maju Pada 2030

Ada sebuah statement penting pada acara Komite Ekonomi Nasional (KEN) yang bertema “Penyatuan Visi Bersama Menuju Indonesia Maju 2030” pada 13 November 2012 lalu di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Sebuah statemen dari Chairman McKinsey Global Institute, Raoul Oberman “Indonesia berpotensi menjadi sebuah Negara maju di tahun 2030”.
Dibandingkan Cina, Indonesia memang memerlukan waktu yang cukup panjang untuk melipatgandakan PDBnya, jika cina memerlukan waktu sekitar 12 tahun waktu yang diperlukan Indonesia memang jauh lebih panjang yaitu sekitar 85 tahun jika diproyeksikan menjadi negara maju pada 2030. Namun waktu tersebut jauh lebih pendek dibandingkan dengan inggris yang perlu 250 tahun untuk bisa menggandakan produk domestik brutonya.
Bukan tanpa alasan atau hanya sekedar isapan jempol belaka Indonesia akan menjadi sebuah Negara maju. Setidaknya ada 5 (lima) fakta yang mendukung penyataan dari Raoul Oberman tersebut.
  1. Pertama, tingkat ekonomi Indonesia dinilai paling stabil di dunia. Bahkan, Bank Indonesia sudah menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia paling stabil dalam 4-5 tahun terakhir.
  2. Kedua, sekitar 90 persen pertumbuhan ekonomi nasional berasal dari wilayah di luar Jawa. Jadi, pertumbuhan ekonomi ini bukan hanya terjadi di Jawa atau Jakarta.
  3. Ketiga, sekitar 11 persen ekspor komoditas berasal dari sektor nonmigas. Ini membantah mitos bahwa model pertumbuhan dalam negeri didominasi ekspor.
  4. Keempat, pemakaian sumber daya sudah berkurang, bahkan sudah berkurang hingga 7 persen. Ini juga membantah bahwa sumber daya adalah penopang utama perekonomian.
  5. Indonesia Mejadi Negara Maju 2030
    Indonesia Mejadi Negara Maju 2030
  6. Kelima, sekitar 60 persen pertumbuhan ekonomi ditopang oleh peningkatan produktivitas. Ini juga membantah bahwa pertumbuhan ekonomi hanya dari pertumbuhan angkatan kerja.
Saya sangat sependapat dengan adanya potensi-potensi tersebut. Apalagi dengan meningkatnya teknologi, kondisi Indonesia saat ini sangat berbeda dengan Inggris pada 250 tahun yang lalu jauh sebelum menjadi negara maju. Artinya, kini Indonesia bisa berhemat puluhan tahun saja untuk menjadi sebuah negara maju.

No comments:

Post a Comment