Online Banking

Online Banking atau lebih di kenal dengan istilah E-banking oleh masyarakat umun yang sebenarnya adalah layanan yang memungkinkan nasabah bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik seperti Automatic teller machine (ATM), phone banking, Electronik Fund Transfer (EFT), Elektronik data capture (EDC) point of sales (POS), Kios-K, Internet Banking dan Mobile Banking.

Siapapun tentunya ingin merasa aman dalam bertransaksi, terutama dalam bertransaksi E-banking yang sangat rentan terhadap tindak kejahatan penipuan, dan penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu anda harus berhati-hati dalam melakukan transaksi, dimulai dari awal saat anda melakukan regristrasi, E-Banking, Sms Banking, Internet Banking, M-Banking, Phone Banking, maupun Mobile Banking.

Berikut beberapa tips bertransaksi E- Banking baik itu Internet Banking, Mobile Banking (SMS Banking dan Call Banking).

  1. Pastikan anda sendiri yang melakukan regristrasi Phone banking, sms Banking maupun internet banking dan tidak di pandu melalui telephone atau ponsel oleh orang lain yang tidak anda kenal meskipun di mengaku sebagai petugas bank atau lainya.
  2. Untuk regristrasi sms banking pastikan bahwa nomor ponsel yang anda regristrasikan adalah nomor ponsel anda sendiri dan bukan nomor ponsel orang lain, dengan melihat layer mesin ATM saat akan melakukan transaksi regristrasi atau pada isi struk bukti regristrasi sms banking anda. Bila ada kesalahan nomor telepon anda segera laporkan pada petugas bank untuk di hapus dan anda dapat melakukan regristrasi ulang.
  3. Pastikan bahwa nomor rekening tujuan transfer adalah nomor yang anda ketahui atau anda kenal.
  4. Pada pembelian pulsa isi ulang pastikan bahwa nomor tersebut adaalah nomor handphone yang anda ketahui.
  5. Periksa kembali nomor pelanggan anda saat anda melakukan transaksi pembayaran angsuran kredit motor, listrik, kartu kredit maupun angsuran-angsuran lainya.
  6. Pastikan bahwa anda telah mengetahui dan memahami langkah langkah regristrasi dan transaksi melalui E-banking sehingga tidak dimanfaatkan oleh orang yang ingin mengambil keuntungan.
  7. Untuk layanan internet banking di anjurkan untuk tidak melkukan transaksi di warung internet ataupun jaringan internet umum lainya untuk menghindari adanya fake login yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memasang aplikasi untuk merekam data login anda karena akibatnya akan sangat merugikan.
  8. Selalu jaga kerahasiaan pin dan user Id anda dan jangan anda beritahukan kepada siapapun.
  9. Ganti Pin anda secara berkala jika anda kesulitan mengingat pin baru, anda dapat membuat catatan namun menggunakan kode tertentu yang dapat anda pahami dan jangan menulis pin anda secara langsung.
  10. Selain itu jangan mencatat pin, password, ataupun user id anda di sembarang tempat apalagi sampai anda simpan di dompet karena apabila anda kehilangan dompet berarti anda telah kehilangan semuanya.
  11. Hindari pin atau password berdasarkan tanggal lahir apalagi pin atm anda. (saat anda kehilangan dompet, dan dompet tersebut berisi KTP beserta ATM atau yang lainya maka kemungkinan di salah gunakan oleh yang menemukan dompet anda akan sangat besar).
  12. Segera laporkan kejadian yang terindikasi penipuan ke kantor bank terdekat atau ke layanan call banking bank anda untuk meminta menonaktifkan layanan E-banking.
  13. Segera laporkan abila anda kehilangan ponsel yang telah diregristrasi untuk sms Banking untuk menonaktifkan layanan sms banking anda.
  14. Jangan mudah terpengaruh oleh sms atau telepon dari orang yang tidak anda kenal apalagi dengan iming-iming hadiah.
  15. Jangan Mudah terpengaruh apabila ada seseorang yang mengaku kerabat anda yang sedang mengalami musibah atau kecelakaan yang meminta anda mentransfer sejumlah dana, pastikan dulu kebenaranya.


Masukan E-mail Anda:

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment