Jenis-Jenis Cek

Cek adalah wakat yang berupa perintah dari nasabah kepada banknya yang di tanda tangani oleh nasabah sebagai penariknya, untuk membayar tanpa syarat sejumlah uang tertentu kepada seseorang atau pihak tertentu atau yang ditunjuk olehnya atau kepada pembawa cek tersebut. Sedangkan BG adalah surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana utuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekening yang bersangkutan kepada rekening pemengang BG yang disebutkan namanya. sedangkan jenis-jenis cek sebagai berikut:

Berdasarkan cara pengalihan/penyerahan adalah sebagi berikut:

  1. Cek “atas nama” dengan endosemen : Merupakan cek yang diterbitkan atas nama seseorang atau badan hukum tertentu yang tertulis jelas di dalam cek tersebut. Sebagai contoh jika didalam cek tertulis perintah bayarlah kepada : Mr. Joko sejumlah Rp 15.000.000,- atau bayarlah kepada PT. Info Perbankan uang sejumlah Rp 10.000.000,- maka cek inilah yang disebut dengan cek atas nama, namun dengan catatan kata "atau pembawa" dibelakang nama yang diperintahkan dicoret.
  2. Cek atas nama dengan tambahan klausul “atau penggantinya” dengan endosemen : Sama seperti point No .01 namun atau pembawanya tidak di coret.
  3. Cek “kepada pembawa” dengan penyerahan fisik : Merupakan cek yang diterbitkan tanpa nama dengan artian siapapun pembawa cek tersebut dapat mencairkan cek tersebut.

Cek silang (crossed cheque)

Merupakan sehelai cek yang di beri dua garis miring yang sejajar pada bagian muka cek tersebut. Dengan demikian cek yang di beri dua garis silang akan merubah fungsi cek yang semulanya tunai menjadi pemindahbukuan atau penyerahan tunai tidak di akui. Cek silang iniada dua macam.

  1. Cek silang umum: cek silang yang di tengah dua garis sejajar tertulis kata BANK saja atau BANKIR saja atau KOSONG saja.
  2. Cek silang Khusus : merupakan cek silang yang ditengah dua garis sejajar hanya di tulis nama banker tertentu atau nama nasabah tersangkut yang sudah tertentu

Cek Mundur

Merupakan Cek yang diberi tanggal mundur dari tanggal sekarang. contohnya : hari ini tanggal 12 April 2011 PT. Info Perbankan bermaksud melakukan pembayaran kepada Mr. joko, pada tanggal cek PT. Info Perbankan mencantumkan tanggal 20 april 2011 yang artinya cek tersebut baru berlaku atau dapat di cairkan pada tanggal 20 april 2011 atau sesudahnya, cek mundur ini biasanya dikarenakan adanya kesepakatan sebelumnya oleh pihak pemberi cek dengan pihak penerima cek dengan alasan saldo pada rekening giro belum mencukupi untuk pembayaran cek tersebut.


Cek Kosong

Cek kosong merupakan sebuah cek yang dananya tidak tersedia dalam rekening giro. contohnya : PT. Info Perbankan Menerima sebuah cek untuk pembayaran sebesar Rp. 17.000.000,- dan pada saat akan di cairkan ternyata saldo pada rekening giro cek tersebut kosong atau kurang dari jumlah yang tertera dalam cek. cek kosong ini biasanya menyebabkan bank memberikan SP1 kepada pemilik rekening giro dengan ketentuan minimal 3 bulan harus ada penyetoran ke rekening giro tersebut. selain itu menurut ketentuan Bank Indonesia apabila terjadi 3x penarikan cek kosong maka pemilik rekening giro tersebut akan masuk Black list (Daftar Hitam) bank Indonesia.



Artikel di atas membantu, kirim artikel langsung ke E-Mail Anda

Masukan E-mail Anda:

3 comments:

free download said...

Software Full Free Download
File Recovery Sofware

Achmad Halima said...

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Siti Aminah said...

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa ada tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan apa pun sehingga saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam kehidupan dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

Post a Comment