Strategi Mencicil Emas

Sifat emas yang hampir pasti kebal terhadap inflasi menjadi daya tarik utama instrumen investasi ini. Bisnis penjualan emas pun kian beragam. Tak ketinggalan aneka layanan menarik ditawarkan. Bukan cuma kendaraan, barang elektronik, atau rumah yang bisa dicicil. Kini, sudah banyak,  pihak yang menawarkan pembiayaan alias kredit kepemilikan emas. Yang terbaru, Bank Danamon Syariah menawarkan jasa itu lewat program Solusi Emas. Apa yang ditawarkan Danamon ini mirip dengan yang ditawarkan oleh Perum Pegadaian melalui program Mulia. Jika Danamon membatasi pembiayaan emas maksimal senilai Rp 150 juta, Pegadaian membatasi maksimal pembiayaan 1 kg emas. Layaknya pembiayaan lain, ada batas mencicil yang disyaratkan. Selain itu, ada syarat uang muka yang harus disetor lebih dulu.
Jika Anda tetap ingin memanfaatkan pembiayaan emas, cermati beberapa saran dan tips mencicil emas berikut ini :
Wujud emas
Untuk kebutuhan investasi, sebaiknya, Anda mencicil emas dalam wujud emas batangan atau keping saja dan bukan perhiasan. Sebab, harga jual emas perhiasan akan dipotong harga pembuatannya. Jika tren harga emas sedang mendaki, pengurangan biaya pembuatan perhiasan mungkin bisa tertutup. Namun, bayangkan jika ternyata tren harga emas sedang tiarap. Nilai investasi emas Anda bisa makin terpangkas lebih banyak lagi.
Tenor menyicil
Tenor mencicil yang dipatok para penjaja cicilan emas tentu beragam. Karena emas sesuai untuk pendanaan kebutuhan jangka menengah, anda bisa memanfaatkan tenor cicilan tiga hingga lima tahun. Namun  sebaiknya, waktu maksimal mencicil dua tahun saja. Hal tersebut disebabkan karena semakin pendek tenor cicilan, seseorang bisa makin disiplin untuk segera melunasi utangnya. Artinya, cicilan itu tidak terlalu lama membebani keuangan keluarga.
Hitung imbal hasil bersih
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, seseorang yang mencicil emas harus menyadari bahwa ada biaya-biaya tambahan yang harus ia tanggung. Jika tidak mau tekor atau tak mendapat manfaat investasi setelah cicilan lunas, Anda wajib menghitung dengan cermat proyeksi imbal hasil bersih yang bisa Anda diterima. Caranya adalah dengan menghitung semua biaya, seperti bunga atau margin, biaya titip, biaya administrasi, dan biaya lain-lain yang harus dikeluarkan. Biaya-biaya itu harus dikurangkan dari proyeksi pertumbuhan harga emas selama tenor cicilan yang Anda pilih. “Total biaya tahunan jangan sampai melebihi proyeksi pertumbuhan emas per tahun,”.
Strategi Mencicil Emas
Strategi Mencicil Emas
Masa akhir kontrak
Selain mengambil dalam wujud fisik emas, penjaja cicilan emas juga membuka kesempatan kepada para debitur untuk mengambil nilai emas dalam uang tunai. Terhadap dua opsi ini, para perencana keuangan menyarankan agar debitur mengambil emas fisik. Dengan demikian, seseorang masih berpeluang untuk menikmati kenaikan harga emas setelah tenor mencicil berakhir atau emas telah menjadi hak miliknya.

No comments:

Post a Comment