7 Kompetensi Dasar Pegawai Bank

Memiliki karir dalam dunia perbankan merupakan impian sebagian orang namun untuk bisa berkarir di dunia perbankan tidaklah mudah dan memerlukan keterampilan tertentu untuk memudahkan pekerjaan anda. Berikut ini adalah skil atau keterampilan paling dibutuhkan dalam dunia perbankan yang tentunya harus anda kuasai sebelum memutuskan terjun di dunia perbankan.
1. Keterampilan Manajemen Keuangan. Institusi perbankan juga membutuhkan konsultan atau penasihat bisnis untuk rencana operasional jangka panjang mereka. Untuk anda yang memiliki kemampuan di bidang akuntansi, perencana keuangan atau bisnis dan investasi akan selalu menjadi incaran institusi-institusi perbankan.
2. Keterampilan Matematika. Matematika dan statistika tidak pernah lepas dari dunia perbankan. Posisi cocok untuk anda di bank jika menguasai matematika yaitu teller, analisis kredit dll. 
3. Keterampilan Teknis. Keterampilan model ini misalnya penguasaan teknologi online banking untuk keperluan pelayanan terhadap nasabah.
4. Keterampilan Bahasa Asing. Sekarang ini penguasaan bahasa asing merupakan syarat mutlak di semua institusi perbankan. Mereka yang menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, China, Jepang dan Jerman acapkali lebih diminati dan diprioritaskan dalam ujian saringan masuk lowongan kerja bank. Posisi yang cocok dengan keterampilan ini antara lain teller, customer service dll.
5. Keterampilan Pemrograman Komputer. Institusi perbankan saat ini sudah menerapkan sistem komputerisasi dan menerapkan teknologi informasi canggih untuk beroperasi. Lowongan kerja IT di bidang perbankan juga banyak tersedia. Kuasailah seluk beluk program komputer seperti HTML, Visual Basic, Unix atau SQL Server.
bank Indonesia
Para Pegawai Bank
6. Keterampilan Pemecahan Masalah. Cepat tanggap dan mampu memberikan jalan keluar bijaksana untuk setiap konflik yang terjadi di institusi perbankan bisa menjadi nilai plus untuk anda karena bank pasti berhubungan dengan nasabah dan konflik atau perselisihan diantara kedua belah pihak sering terjadi.
7. Keterampilan Mengelola SDM. Keterampilan ini berhubungan dengan interaksi timbal balik antar pegawai dan pemahaman akan segala kebutuhan pekerja di institusi perbankan.
Itulah beberapa keterampilan yang wajib anda miliki jika ingin berkarir di dunia perbankan dan bagi anda yang sudah berkarir di bank memiliki keterampilan seperti disebutkan di atas tentu akan membuat karir anda semakin menanjak.

No comments:

Post a Comment